Rabu, September 03, 2008

Penipuan Via ATM 7

Assalamualaikum wr wb

Ini bukan opini tentang kehati2an kita dalam menjaga kartu ATM kita dari kecolongan, atau juga menjaga kartu ATM kita dari penduplikatan dan pencurian uang rekening kita, tapi ini adalah opini agar kita berhati2 dalam menggunakan kartu ATM yang diiming-imingi bisa mengambil di ATM mana saja selain dari ATM milik bank yang kita miliki.

Kejadian ini menimpa saya sebagai pengguna kartu ATM permata, dimana saya sebagai salah satu pelanggan tabungan bank Permata. Bank permata sering mempromosikan kartu ATM nya sebagai salah satu kartu ATM yang bisa digunakan dimana saja termasuk di ATM BCA, BII, Lippo, BNI dan lain sebagainya dengan catatan akan dikenakan biaya bila menggunakan ATM lain sebesar 3000 rupiah jika pengambilannya di bawah 250.000 rupiah.

Akan tetapi, ternyata bank Permata selama ini menyembunyikan (disengaja atau pun tidak) kepada pelanggannya tentang beberapa kasus untuk selain ATM BCA. Kejadian ini terjadi beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 4 September 2003, dimana saya akan mengambil uang di ATM BNI PMI Bogor sebesar 80 ribu rupiah (pecahan 20.000). Karena orang yang terakhir keluar dari ATM tersebut bilang bahwa uang di ATM tersebut sudah habis, maka saya coba dulu dengan pecahan terkecil yaitu mengambil 20 ribu rupiah dan ternyata berhasil. Dikarenakan berhasil maka saya ambil kembali sebesar 60 ribu rupiah, jadi semua 80 ribu rupiah kan.

Tapi ketika saya cek saldo terakhir kok ada yang aneh, yaitu saldo yang tidak hanya berkurang 80 ribu rupiah, tapi lebih dari 100 ribu rupiah. Waktu itu akhirnya saya cuekin saja, saya pikir itu ada biaya administrasi biaya saja 3000 dan sedikit tambahan lainnya. Akan tetapi pada hari ini saya cek 10 transaksi terakhir di PermataNet ternyata sudah 2 kali ada biaya administrasi pada tanggal 4 september 2003 sebesar 25.000 rupiah !!.

Yang benar saja !, saya hanya mengambil 80 rupiah tapi biaya administrasinya 50 ribu rupiah !, karena kesal dan tidak tahu menahu tentang hal ini akhirnya saya telepon ke customer service bank permata di 0251 - 31888. Benar saja, ternyata memang ada peraturan selain dari yang dipromosikannya selama ini. Peraturannya adalah jika di Bank BNI, ATM Bersama dan Jaringan ALTO dikenakan biaya 25.000 per sekali pengambilan dan sisanya hanya 3.000 rupiah per sekali pengambilan.

Untungnya yang saya telepon di Bank Permata juga memberitahukan hal yang sangat penting untuk saya, yaitu ternyata jika di ATM BII, Lippo dan Danamon sedang ada masalah koneksi dengan jaringan bank Permata maka akan dilakukan koneksi menggunakan jalur ATM BNI, yang artinya juga 25.000 rupiah per sekali pengambilan !!. Dan menyarankan kepada saya agar hanya menggunakan ATM BCA yang jarang sekali mengalami kegagalan dan katanya selalu biayanya 3.000 rupiah per sekali pengambilan.

Kesimpulan saya setelah mengalami kejadian seperti ini adalah kepada pembaca opini ini agar berhati2 dalam menggunakan kartu ATMnya di ATM bank Lain, tanyakan peraturan dan ketentuannya, terutama masalah biaya administrasinya. Jangan terlalu percaya pada iklan pada awalnya, sebaiknya pastikan dan selalu perhatikan transaksi yang terjadi pada account bank yang kita miliki agar tidak merasa kecolongan seperti saya. OKEH !

Wassalam

Yusuf Sulaiman

Tidak ada komentar: