Rabu, September 03, 2008

Penipuan Berkedok Sales Barang

Istri Penulis Pernah Kena Tipu ! tapi untungnya tidak jadi gesek atm...Waspada

Gw ga ngerti, bagaimana bisa Sales Cartino ini punya 'attitude' yang ga banget untuk profesi seorang sales?!

Kemaren lagi asyik-asyiknya clingak-clinguk sendirian di Plaza Andalas, tiba-tiba seorang perempuan berseragam hitam-putih seumuran gw nyosor aja memberikan selebaran berlabel Cartino. Dan dg suara yg tidak begitu indah di dengar serta Bahasa Indonesia dg artikulasi dan intonasi berantakan plus cengkok Minang-nya yg kental banget, dia menjelaskan dg berapi-api-betapa gw-membutuhkan-produk2 Cartino-ini-untuk kesehatan dan kehidupan-gw!

Tunggu, tunggu..Gw membutuhkan produk Cartino? Apa maksud kalimatnya itu?..secara apa itu Cartino aja gw kaga tau. Aneh!

Karena ga tega ngeliat wajahnya yang memelas dan memohon gw agar sudi mengunjungi stand mereka di pojok lantai satu Plaza Andalas itu dan di-iming-imingi souvenir menarik, akhirnya gw nyerah, ngekor di buntutnya dia.

Tau apa yang terjadi di ruangan berukuran 3x4 meter itu? Gw digiring kaya pesakitan dan disuruh duduk mengisi biodata lengkap gw dan dikerubuti oleh tiga kurcaci (eh, salah!) maksudnya tiga orang perempuan berseragam sama dan menanyai gw (tepatnya meng-interogasi) gw macem-macem!

....................................

Sales 1 : "Jadi kak, Cartino ini bagus untuk kakak..bla..bla..utk melangsingkan badan, menghilangkan capek bla..bla..

Gw : "........" (takjub mendengar Bahasa Indonesia-nya yg Ancurrr..dan merasa agak tolol kenapa bisa terseret keruangan ini?)

Sales 2 : "Tapi, kakak udah langsing juga ya..lebih baik kakak pake produk yang ini.."

Sales 3 : Kakak, kerja dimana? pasti masih kuliah ya? coba kakak lepas sepatunya dan pakai ini utk mengilangkan pegal2

Gw dg pasrahnya melepas sepatu dan mencoba produk mereka yg bergetar di telapak kaki gw, geli sih..tapi lumayan jg sensasinya:)

Sales 2 : Eh, kak.. kakak pake inai, kakak udah merit yah?

Gw : "????????!!!!!!!!"

Sales 1: O,ya atau kami jg punya barang2 perlengkapan dapur kak"

Gw : "Ooo..jadi Cartino ini sejenis 'makhluk' apaan seh?"

Sales 1 dan 2 berebutan ngomong : "Macam-macam kak, perlengkapan dapur ada, utk menghilangkan pegal, melangsingkan badan bla..bla..bla.."

Gw : "melangsingkan badan? saya malah mau menggemukkan badan.."

Sales1, 2, 3 (kompakan bengong): "...."

Dan pertanyaan2 tolol lainnya yg ga ada hubungannya dg produk Cartino mereka itu..

seperti :

"..O, jadi kerja di Telkomsel ya kak?, susah ga kak masuk kerja disana..

Gw : "Iya..ga susah juga sih.."

"temen saya juga pernah masuk ke Indosat tapi ga lulus.."

Gw : "O,ya?" (mikir, ini curhat ato apaan seh?)

"Kakak dulu lulusan apa? dan udah berapa lama kerja disana. Kakak kelahiran taun berapa?"

Gw : "UNP, ampir dua taun, kelahiran 83"

"Kak, berapa tinggi kakak? kaya'nya 165 lebih..kalo kerja di Telkomsel harus tinggi ya?"

Gw : "mgkn krn saya kurus makanya keliatan tinggi..ya sekitar 160an gitu deh ga tau juga sih.."

Dan gw udah ampir mati kebosanan melayani pertanyaan2 'ajaib' dari mereka, Huuhh..ini ajang arisan ibuk-ibuk ato promosi produk sih? Tapi gw bingung jg gimana melarikan diri dari mereka, secara salah satu dari mereka posisi duduknya berlutut di kaki gw dan dg sok akrabnya 'bertumpu' di lutut gw..

Duh, mama..toloooooonggg!!!!!!!!!!

Akhirnya setelah memilih kertas undian utk mendapatkan souvenir..tarrraaa..gw beruntung mendapatkan souvenir menarik versi mereka..sebuah SENDOK NASI! gw ulangi S-E-N-D-O-K N-A-S-I-!!

Sales1 : "Wah, kakak beruntung! jarang lho yg dapet pas di undi gini"

Gw : (senyum kecut) "O, ya.."

Dan ga cukup hanya itu, gw masih harus mengisi formulir lainnya dan mengikuti undian berikutnya..dengan ogah-ogahan gw ikutin udah kepalang basah juga. Dan taunya gw kembali 'beruntung' menadapatkan 'BERLIAN'

Gw : "Wah, saya dapat berlian neh"

Sales 3 : "Kakak bercanda, berlian adalah undian tertinggi! dan sesuai urutannya seharusnya Emeral dulu baru Berlian.."

Gw : "Nih liat, disini tertulis BERLIAN!"

Sales 2 :(ekpresi kaget+panik) "Duh, gimana ya kak, ga mungkin..uhhmmm..biar kami tanya sama bos dulu.." (misuh-misuh dan ngomong2 kecil ama kedua temannya)

Setelah masuk ke ruangan bos-nya dia kembali dan dg berbisik ke Sales 3

Sales 3 : Jadi gini kak, kakak beruntung dapet undian Berlian dan apabila kakak membeli salah satu produk Cartino kakak bisa mendapatkan gratis 3 produk Cartino lainnya..bla..bla..jadi misalnya kakak membeli alat pelangsing badan ini harganya 5 juta sekian..maka kakak gratis 3 produk lainnya..kalo ditotal 18 juta sekian..tapi kakak cukup bayar lima juta aja..

Gw : "Ooo..ga usah deh..ga punya duit sebanyak itu"

Sales 1: Bisa pake kartu credit kok kak, ato di cicil juga bisa..

Gw : "Ga usah..ga minat!"

Sales 2: "Ya, udah kalo kakak ga minat!" (rada sewot dan suaranya yg tadi ramah luar biasa ilang entah kemana)

Sales 1 : "Jadi batal nih kak berliannya..gak nyesel?"

Gw : "Ya udah batal aja.."

Setelah berbasa-basi untuk kesekian kalinya..akhirnya gw kabur dari tempat 'mengerikan' itu diiringi tatapan rada 'dingin' dari tiga pasang mata sales Cartino tsb.

Rencana gw utk ngilangin suntuk setelah seharian kerja jadi gagal total gara-gara di-sandra' ama mereka! Gila aja, demi Tuhan mimpi apa gw semalam sampai-sampai bisa ketemu ama mereka!

Tapi, senyum jahil terkembang di bibir gw, hmm..mereka malang bertemu gw, biar tau rasa gw posting deh di blog ulah mereka yg bikin jengkel bin ngeselin itu! hihihi..Siapa tau aja si-bos Cartino ini kebetulan baca..biar ditraining tuh Sales, gimana seharusnya memperlakukan Customer..

Btw, waktu gw sholat magrib di mushalla PA yg sempit dan pengap itu (satu jam setelah interogasi di stand Cartino), gw ketemu dg Sales 1 di toilet, gw mencoba senyum dan say hai..dia cuma senyum kecut! :)

Hahahahaha..

Walo rada kesel, tapi jujur gw akuin kegigihan mereka meyakinkan gw betapa produk mereka WAH walo dengan cara yg agak maksa dan rada ajaib..

NB : Percakapan dg para Sales Cartino itu bahasanya rada gw percantik, aslinya mereka ngomong perpaduan Minang Indonesia alias Midun bgt! truss..banyak kalimat2 dan pertanyaan2 ajaib lainnya yg ga da hubungannya dg produk Cartino mereka, tapi kepanjangan kalo gw posting disini:)

Posted by Lia Summer Sun in Komen Sinis | Perm

Tidak ada komentar: